my picture

my picture
yes asli buatan anak negri

Kamis, 18 November 2010

manager dan mangement

Management

Management berasal dari bahasa inggris yaitu to manage yang artinya mengendalikan,menangani,dan mengelola sesuatu yang sifatnya mati atau hidup yang biasa kita dengar manusia dan alat supya tercapainya tujuan tertentu


Secara khusus manajement itu sendiri adalah:
  1. pengelolaan,pengendalian dan penanganan
  2. prilaku atau berprilaku terampil
  3. gabungan 1 dan 2 adalah terdapat tujuan

Secara umum manajement
Adalah Pengelolaan suatu tujuan perkerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah di tentukan dengan cara mengerakan orang lain untuk berkerja.

Orang yang melakukan kegiatan menajement biasa disebut manager. Tugas manager sendiri adalah Orang yang mengatur bawahan dalam menjalankan suatu organisasi atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

10 tugas penting MANAGER
  1. Merencanakan sesuatu
  2. MengOrganisasi atau berorganisasi
  3. Mengawasi
  4. Memberikan contoh
  5. Memimpin/menjadi pemimpin
  6. Mengarahkan
  7. Memeriksa perkerjaan bawahan
  8. Menegur
  9. Memberi suatu pujian
  10. Memberi solusi
dan penjelasanya sumber dari wikipedia google

1. Kepemimpinan
Manajer hari ini wajib memiliki kompetensi kepemimpinan yang andal dan dipercaya oleh setiap bawahan.

2. Keterampilan Kerja
Manajer hari ini wajib memiliki keterampilan kerja yang optimal. Manajer harus selalu mengupdate pengetahuan dan cara kerjanya setiap saat, untuk diselaraskan dengan realitas kerja hari ini.

3. Kemampuan Memberdayakan
Manajer hari ini haruslah pemimpin yang cerdas memberdayakan semua fungsi dan peran organisasinya, dengan tujuan menghasilkan kualitas kerja dan kinerja yang maksimal.

4. Kemampuan Memotivasi Dan Memberi Inspirasi
Manajer hari ini haruslah pemimpin yang berkemampuan untuk memotivasi dan memberi inspirasi kepada staf-staf nya. Di mana, setiap motivasi dan inspirasi ini harus bisa menyentuh lubuk hati terdalam dari para staf untuk bekerja lebih maksimal.

5. Kemampuan Meningkatkan Produktifitas Kerja
Manajer hari ini harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan menjaga tingkat produktifitas kerja yang tinggi. Setiap staf harus di beri petunjuk dan pedoman kerja dalam upaya meningkatkan produktifitas kerja secara maksimal.

6. Kemampuan Meningkatkan Kinerja
Manajer hari ini haruslah pemimpin yang ahli dalam hal memacu potensi para staf dan memacu semua potensi organisasi untuk menghasilkan kinerja yang maksimal.

7. Kemampuan Kerja Sama
Manajer hari ini harus menjadi pemimpin yang mampu mendorong setiap stafnya untuk bekerja dalam kelompok, saling membantu, berjuang bersama, selalu menjaga kebersamaan, mau berbagi informasi kerja dengan sesama kolega, dan selalu berkomunikasi secara terbuka dalam hal pekerjaan.

8. Kemampuan Mengelola Waktu
Manajer hari ini haruslah menjadi pemimpin yang bijak, yang mampu memanfaatkan waktu kerja secara optimal untuk menghasilkan out put yang maksimal.

9. Kemampuan Mengelola Konflik Kerja
Manajer hari ini haruslah menjadi seorang pemimpin yang sabar dan tegar dalam hal mengelola semua konflik di pekerjaan. Di mana, setiap konflik kerja harus dikelola dengan sikap tenang, hati penuh kasih sayang dan kepedulian, serta pikiran positif yang di ikuti dengan niat baik untuk menyelesaikan setiap konflik melalui bahasa cinta.

10. Kemampuan Membangun Hubungan Positif
Manajer hari ini haruslah menjadi pemimpin positif, yang cerdas menggunakan sikap baik untuk membangun hubungan positif terhadap setiap orang. Hubungan positif yang saling melengkapi di antara para staf, untuk kemudian memberikan yang terbaik buat kemajuan perusahaan.

11. Kemampuan Mengurangi Tingkat Stress Dan Depresi
manajer hari ini haruslah menjadi pemimpin yang mampu bekerja untuk mengurangi ketegangan di tempat kerja. Khususnya, memiliki kemampuan untuk menghapus atau pun mengurangi tingkat stres dan depresi di organisasi.

12. Kemampuan Mengarahkan Staf Untuk Mencapai Sasaran Kerja Tertinggi
Manajer hari ini harus menjadi pemimpin yang mampu memberikan pedoman dan arahan yang jelas kepada setiap staf, agar para staf mampu bekerja dan bergerak ke arah pencapaian sasaran kerja yang optimal.

13. Kemampuan Membangun Nilai-Nilai Sukses
Manajer hari ini wajib memiliki kemampuan untuk menanam nilai-nilai sukses di dalam organisasi, dan mampu meyakinkan setiap orang untuk bekerja keras sesuai nilai-nilai sukses terbaik.

14. Kemampuan Bekerja Berdasarkan Core Value Perusahaan
Manajer hari ini harus secara tegas dan tanpa kompromi, mengarahkan setiap staf untuk patuh pada setiap nilai-nilai kerja perusahaan. Nilai-nilai kerja perusahaan ini harus diperlihatkan melalui etos kerja yang baik.

15. Kemampuan Bekerja Sesuai Visi Dan Misi Perusahaan.
Manajer hari ini harus memiliki kemampuan untuk bekerja sesuai visi dan misi perusahaan. Tidak boleh ada pertentangan antara tugas-tugas harian dengan misi atau pun visi perusahaan


Coba jelaskan dampak positif dan keunggulan dari organisasi?
Dengan organisasi sistem yang dibentuk dan dibangun akan lebih baik, karena mengikuti kaidah dan sistem management dimana struktur organisasi harus dibentuk sebelum organisasi berjalan. Dimana fungsi dari masing-masing jabatan jelas job decription nya. Karena organisasi sistem dibentuk sehingga sistemnya berjalan dengan baik. Bila dibandingkan dengan kelompok yang tidak memakai sistem.

Sacara umum keunggulan dari organisasi adalah
  1. menambah wawasan pengetahuan seseorang
  2. membuat interaksi lebih banyak antar individu dengan individu,individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok
  3. dapat mengatasi masalah dengan cara musyawarah
  4. belajar mengatasi masalah dengan menghargai pendapat orang lain
4. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?

1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-
keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama.

2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajer bertanggungjawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.

3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi.









1 komentar:

  • Danang Fantastis Blog says:
    17 April 2011 pukul 15.00

    he tak kira tadi IRFAN BACHDIM
    Saya lagi nyari pengertian dan tugas2 manajer,dan dapat jawabannya di sini juga.makasih..