my picture

my picture
yes asli buatan anak negri

Sabtu, 11 Desember 2010

management informatika

A

TUGAS KE 7

RADEN BAYU HERLAMBANG

1DB20

MANAGEMENT INFORMATIKA

1.Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia – human resource management (HRM) ?
2.Sebutkan komponen – komponen dalam HRM dalam konteknya ?
3.Jelaskan tahapan seleksi sumber daya manusia ?
4.Apa yang dimaksud dengan internal recruiting ? berikan contoh !
5.Apa yang dimaksud dengan external reckuiting ? berikan contoh !

Jawab :
1.Ilmu dan seni maksudnya adlah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja secara efisien dan efektif sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan,karyawan dan masyarakat.Supaya berjalannya suatu hubungan yang baik atau sesai alur.

2.Komponen dalam HRM:

Pengusaha
Pengusaha adalah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk mem -peroleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai perusahaan tersebut.

Karyawan
Karyawan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa keikutsertaan mereka, aktivitas perusahaan tidak akan terjadi. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, sistem, proses, dan tujuan yang ingin dicapai. Lalu siapakah sebenarnya yang disebut karyawan itu?
Karyawan adalah penjual jasa (pikiran dan tenaganya) dan mendapat kompen-sasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Mereka wajib dan terikat untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompensasi sesuai dengan perjanjian. Posisi karyawan dalam suatu perusahaan dibedakan atas karyawan operasional dan karyawan manajerial (pimpinan).

Karyawan Operasional
Karyawan operasional adalah setiap orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.

Karvawan Managerial.
Karyawan manajerial adalah setiap orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. Mereka mencapai tujuannya melalui kegiatan-kegiatan orang lair Karyawan manajerial ini dibedakan atas manajer lini dan manajer staf.


Manajer lini adalah seorang pemimpin yang mempunyai wewenang lini (line authority), berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan.


Manajer Staf Manajer staf adalah pemimpin yang mempunyai wewenang staf (staff authority) yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memper-lancar penyelesaian tugas-tugas manajer lini.

Pemimpin atau Manajer Pemimpin adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan. Kepemimpinan adalah gaya seorang pemimpin mempengaruhi bawahannya, agar man bekerja sama dan bekerja efektif sesuai dengan perintahnya. Asas-asas kepemimpinan adalah bersikap tegas dan usional, bertindak konsisten dan berlaku adil dan jujur. Setiap pemimpin atau manajer adalah termasuk manajer personalia, karena tigas-nya mengatur personel yang menjadi bawahannya. Berikut ini dua pendapat fang membedakan manajer lini dan manajer personalia.

3.Intruksi pada Prosedur seleksi :
1. Wawancara pendahuluan
2. Pengumpulan data pribadi
3. Pengujian / Testing
4.wancara lebih mendalam
5. Pemeriksaan referensi-referensi prestasi
6.Pemeriksaan kesehatan
7.Keputusan pribadi
6. Orientasi jabatan
7.Promosi
8.Transfer
9.Penataran
10.Lamaran-lamaran Pribadi
11.Organisasi buruh atau karyawan
12.Kantor penempatan tenaga kerja
13.Sekolah/Pergurusn tinggi
14.Perusahaan-perusahaan pesaing
15.Migrasi dan Imigrasi

4. Internal Recruiting adalah proses penarikan karyawan dan penyeleksian karyawan yang berasal dari karyawan dalam perusahaan itu sendiri.Jadi kariyawan yang sudah berkerja diperusahhan tersebut menjalani rangkian test.

5 External Recruiting adalah proses penarikan karyawan dan penyeleksian karyawan yang berasal dari luar perusahaan. Misalkan ada perusahaan yang ingin mengembakan perusahaanya tapi ingin mengambil orang yang berkualitas supaya perusahann cepat meningkat.

0 komentar: